Khasiat Kesemek bagi Kesehatan Tubuh

pediamanfaatbuah - Tentunya pasti kita semua akan setuju kalau buah buahan merupakan sumber nutrisi dan vitamin terbaik bagi tubuh. Mengonsumsi buah-buahan membuat tubuh kita senantiasa sehat dan bugar bebas penyakit. Salah satu buah yang kaya manfaat adalah kesemek. Lantas, apa itu buah kesemek? Apa manfaat buah kesemek? Simak informasinya berikut ini.

12 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Cegah Penuaan Dini - Hot ...

Apa itu Buah Kesemek?

Buah kesemek adalah jenis buah-buahan yang masuk ke dalam marga Diospyros. Buah kesemek memiliki nama ilmiah Diospyros kaki. Selain kesemek, buah ini juga dikenal dengan sebutan buah kaki, oriental persimmon, Japanese persimmon, dan apel Jawa oleh karena bentuknya yang mirip buah apel dan banyak tumbuh di area pulau Jawa.

Buah kesemek berwarna hijau saat muda, dan berubah menjadi oranye saat sudah matang. Kandungan tanin pada buah kesemek membuat buah ini memiliki rasa sepat saat masih muda, namun seiring dengan masaknya buah, kadar zat tanin akan berkurang sehingga rasa sepat tersebut ikut menghilang dan menjadi manis.

Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan Tubuh

Diperkaya dengan vitamin dan sejumlah zat, kesemek memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah daftar manfaat buah kesemek bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kesemek mengandung 7,5 mg vitamin C untuk setiap 100 gram-nya. Hal ini menjadikan buah kesemek baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah kesemek dapat menghindari Anda dari penyakit-penyakit deperti flu, asma, hingga infeksi paru-paru.

2. Merawat Sistem Pencernaan

Kesemek adalah buah yang kaya akan serat. Adanya kandungan serat pada kesemek membuat buah satu ini baik untuk merawat fungsi sistem pencernaan dan mencegahnya dari gangguan pencernaan seperti diare, radang usus, dan sembelit.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Merawat kesehatan mata bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi buah kesemek secara rutin. Manfaat buah kesemek bagi kesehatan mata ini dikarenakan adanya kandungan vitamin A di dalam buah tersebut.

Beberapa gangguan kesehatan mata yang bisa dicegah dengan makan buah kesemek antara lain kerusakan retina dan katarak.

4. Mengatasi Hipertensi

Manfaat buah kesemek juga bisa untuk mengatasi hipertensi, pun merawat kesehatan jantung. Ini dikarenakan kesemek mengandung mineral bernama kalium yang memang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B pada buah kesemek membuat buah satu ini baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan memiliki metabolisme yang baik, tubuh akan semakin berenergi dan organ tubuh dapat berfungsi optimal.

6. Menurunkan Berat Badan

Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Selain mengatur pola makan, Anda juga diharuskan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu yang bisa Anda makan adalah bah kesemek. Buah kesemek diklaim dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan lemak dalam buah kesemek hanya 0,19 gram. Selain itu, kesemek kaya akan serat yang mana mengonsumsinya akan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

7. Mencegah Kanker

Siapa sangka, kesemek ternyata juga bisa mencegah penyakuit kronis seperti kanker. Manfaat buah kesemek untuk mencegah kanker dimungkinkan karena buah ‘genit’ ini mengandung zat antioksidan dan fitronutrien yang berfungsi untuk melawan radikal bebas sebagai pemicu tumbuhnya sel kanker.

8. Anti-Inflamasi

Kesemek mengandung senyawa kimia yang bernama phytochemicals yang bersifat anti-inflamasi dan anti-infeksi. Mengonsumsi buah kesemek secara rutin dapat melindungi Anda dari risiko infeksi penyakit.

9. Mengatasi Ambeien dan Wasir

Manfaat buah kesemek yang lainnya adalah untuk mengatasi ambeien dan wasir. Hal ini dikarenakan kesemek mengandung zat yang bersifat anti-haemorhoid yang fungsinya mengobati kedua jenis penyakit tersebut.

10. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Para penderita kekurangan darah (anemia) juga bisa mengonsumsi buah kesemek untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah (eritrosit). Manfaat buah kesemek yang satu ini tak lepas dari adanya kandungan tembaga yang berfungsi untuk menyerap zat besi, sehingga dapat bekerja optimal untuk memproduksi sel darah merah.

Popular posts from this blog

Khasiat Manfaat Buah Plum Hitam untuk Kesehatan

Khasiat Buah Mundu Untuk Kesehatan

Manfaat Dari Buah Cermai Bagi Kecantikan